Jumat, 28 November 2008

Instal Mikrotik

Berikut ini adalah step-step instalasi Mikrotik routerOS. Sebelumnya persiapkan dulu cd instalasi miktorik, kalau belum punya ya silahkan cari pinjaman atau download dulu file ISO mikrotik di sini. Setelah cd siap maka masukkan ke cdrom dan lakukan boot from cd.
pastikan komputer yang akan dipergunakan memiliki minimal satu ethernet card.
Setelah proses booting selesai maka akan muncul
tampilan berikut (klik untuk gambar yang lebih jelas):



Tampilan diatas adalah pilihan paket-paket yang akan di install, tekan ‘a’ untuk menginstall semuanya dan diteruskan dengan menekan ‘I’ untuk melanjutkan proses instalasi. Proses instalasi dilanjutkan dengan pembuatan partisi dan format harddisk, harap diingat bahwa mikrotik akan mengambil semua space yang ada di harddisk.
Setelah melakukan pembuatan partisi dan memformat harddisk maka tahap terakhir adalah menginstall paket-paket yang dipilih pada awal tadi ke dalam harddisk. setelah selesai tekan enter untuk reboot. Mikrotik yang baru saja di download dan di install adalah versi shareware yang hanya bisa dipergunakan sementara dan akan bias dipergunakan lebih lanjut bila melakukan registrasi terlebih dahulu, tapi jangan khawatir, versi ini sudah cukup untuk dipakai belajar, masa activ 24 jam. Artinya 24 jam kondisi komputer ON. misal kita baru gunakan 1 jam kemudian kita matikan komputer tersebut, maka bila kita ON kan lagi kapan saja, maka masih ada sisa waktu 23 jam.


Mikrotik telah selesai diinstall, dan bisa dipergunakan dengan login sebagai user admin dan tanpa password

Tidak ada komentar:

Posting Komentar