Senin, 24 November 2008

Topologi Jaringan

Topologi jaringan adalah suatu model atau bentuk sebuah sistem jaringan yang menghubungkan beberapa komputer client dengan komputer server, atau sebuah switch dengan beberapa computer. Sedangkan beberapa Topologi Jaringan yang banyak dibahas adalah sebagai berikut:


1. Topologi Star
2. Topologi Mash
3. Topologi Ring
4. Topologi Line
5. Topologi Tree
6. Topologi Bus
7. Topologi Fuly connection

  1. Topologi Star ---

    Topologi jaringan Star adalah susunan jaringan komputer yang berbentuk bintang, dimana seluruh peralatan yang akan dihubungkan dipusatkan pada satu titik dan pusan ini juga yang akan mengatur lalu lintas data dalam satu jaringan.

  2. Topologi Ring ---

    Pada jaringan ini terdapat beberapa peralatan yang saling dihubungkan satu dengan yang lainnya dan akhirnya membentuk sebuah cicin atau lingkaran. Jaringan ini tidak memiliki satu titik yang bertindak sebagai pusat ataupun lalu lintas data, semua simpul.node mempunyai tingkatan yang sama. Data yang dikirim akan melewati beberapa simpul sehingga sampai pada simpul yang dituju. Disamping itu jaringan juga bisa bergerak dalam bentuk satu arah ataupun dua arah.

    Konfigurasi ini relative lebih mahal dari apabila dibandingkan dengan konfigurasi jaringan bintang. Hal ini disebabkan setiap simpul/note yang bertindak sebagai komputer akan bertindak mengatasi setiap aplikasi yang dihadapinya, serta harus mampu membagi sumber daya yang dimilikinya pada jaringan yang ada. Sistem ini lebih sesuai digunakan untuk system yang tidak terpusat.

  3. Topologi Mesh---

    Topologi jaringan ini menerapkan hubungan antar sentral secara penuh. Jumlah saluran harus disediakan untuk membentuk jaringan Mesh adalah jumlah sentral dikurangi 1 (n-1, n = jumlah sentral). Tingkat kerumitan jaringan sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang. Dengan demikian disamping kurang ekonomis juga relatif mahal dalam pengoperasiannya.

  4. Topologi Line ---

    Pada Konfigurasi ini merupakan konfigurasi berbentk garis lurus dan cocok digunakan untuk daerah yang tidak terlalu luas. Setiap komputer/simpul akan dihubungkan dengan sebuah kabel komunikasi melalui interface (satu jalur). Setiap komputer dapat berkomunikasi langsung dengan komputer ataupun peralatan lainnya yang ada dalam jaringan dengan arti semua simpul mempunyai kedudukan yang sama.

  5. Topologi Tree ---

    Pada jaringan ini terdapat beberapa tingkatan simpul (node). Pusat merupakan simpul yang paling tinggi tingkatannya yang dapat mengatur seluruh simpul yang lebih rendah tingkatannya. Data yang dikirim perlu melalui simpul pusat terlebih dahulu, karena topologi ini merupakan pengembangan dari topologi star.

  6. Topologi Bus

    Pada topologi ini semua sentral dihubungkan secara langsung pada medium transmisi dengan konfigurasi yang disebut Bus. Transmisi sinyal dari suatu sentral tidak dialirkan secara bersamaan dalam dua arah. Hal ini berbeda sekali dengan yang terjadi pada topologi jaringan mesh atau bintang, yang pada kedua sistem tersebut dapat dilakukan komunikasi atau interkoneksi antar sentral secara bersamaan. topologi jaringan bus tidak umum digunakan untuk interkoneksi antar sentral, tetapi biasanya digunakan pada sistem jaringan komputer.

  7. Topologi Fuly connection

    Pada topologi ini semua jaringan saling berhubungan. Dalam topologi ini biaya sangat mahal.

1 komentar:

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus